Analisis Interaksi Pengguna Twitter Menggunakan Social Network Analysis Dan Topic Modelling Terkait Strategi Pemasaran E-Commerce (Studi Kasus : Tokopedia, Shopee, Dan Bukalapak)
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, perusahaan startup dalam bidang ecommerce
mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di Indonesia. E-commerce
merupakan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, penjual, dan konsumen
melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, jasa, dan informasi. Saat ini terdapat
banyak e-commerce di Indonesia, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk dapat
bersaing dengan kompetitor. Perusahaan e-commerce telah melibatkan media sosial untuk
mendukung tujuan pencapaian pemasaran, salah satunya menggunakan media sosial
Twitter. Konten yang dibuat pengguna Twitter atau User Generated Content (UGC) dapat
digunakan perusahaan sebagai sumber untuk memperoleh informasi terkait pasar dan
merancang perencanaan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi customer engagement yang terbentuk sebagai bagian dari implementasi
Social Customer Relationship Management (SCRM) yang dilakukan oleh perusahaan
dengan menggunakan metode Social Network Analysis (SNA). Dan menganalisis UGC
mengenai e-commerce Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak menggunakan metode topic
modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Shopee membentuk customer
engagement yang lebih optimal melalui implementasi SCRM yang dilakukan perusahaan
dan topic modelling yang paling banyak dibicarakan adalah mengenai hallyu atau Korean
wave, giveaway, dan juga promo.
Collections
- Industrial Engineering [2289]