Hubungan Antara Workplace Well-Being dan Mental Health pada Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara
worlplace well-being dan mental health pada guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di
masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
skala yang digunakan workplace well-being index dari teori Page (2005)yang
diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Sawitri (2013) , kemudian diadaptasi
dalam konteks sekolah atau pendidikan dan skala general health questionnaire-12
(GHQ-12) dari teori Goldberg dan Hillier (1979) versi Bahasa Indonesia yang
dibuat oleh Primasari dan Hidayat (2016). Subjek dalam penelitian ini adalah 99
guru SDN yang terdiri dari 24 laki-laki dan 75 perempuan yang telah atau sedang
melaksanakan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh selama masa
pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil analisa uji korelasi Product Moment dari
Pearson menunjukkan bahwa, terdapat hubungan positif yang signifikan antara
workplace well-being dan mental health pada guru Sekolah Dasar Negeri (SDN)
selama masa pandemi Covid-19 dengan koefisien korelasi r = 0,379 dan taraf
signifikansi p = 0,000 (p < 0,05), artinya hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2270]