Show simple item record

dc.contributor.advisorTuti Purwaningsih, S.Stat., M.Si.
dc.contributor.authorFARAH AYU FITRIANI
dc.date.accessioned2022-08-11T08:42:19Z
dc.date.available2022-08-11T08:42:19Z
dc.date.issued2022-04-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38534
dc.description.abstractKulit merupakan organ tubuh terbesar yang menutupi seluruh permukaan tubuh manusia. Merawat kesehatan kulit merupakan salah satu bagian dari menjaga kesehatan tubuh yang sangat penting untuk dilakukan. Di Indonesia, tren dalam perawatan kulit atau yang saat ini dikenal dengan sebutan skincare terus berkembang hingga saat ini. Kebutuhan informasi bagi masyarakat khususnya dalam memilih produk skincare saat ini tentunya sangat dibutuhkan. Female Daily Network merupakan sebuah situs media informasi yang menyediakan review atau ulasan dari berbagai macam produk skincare. Female Daily diakui sebagai platform kecantikan nomor satu di Indonesia. Permasalahan yang ada saat ini yaitu banyak orang merasa sulit dalam memilih produk skincare karena produk yang beredar di pasaran sangat banyak, selain itu juga karena iklan yang hanya memberikan sisi positifnya saja. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan solusi berupa model sistem rekomendasi dalam memilih produk skincare yang diperoleh dari review pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekomendasi suatu produk skincare berdasarkan review menggunakan ContentBased Filtering dan mengetahui hasil rekomendasi produk skincare berdasarkan review yang diberikan oleh sistem rekomendasi menggunakan Content-Based Filtering. Metode Content-Based Filtering menggunakan konsep pembobotan TFIDF dan perhitungan Cosine Similarity. Pada proses mendapatkan hasil rekomendasi, digunakan produk “Antioxidant Serum” sebagai contoh pengujian. Didapatkan hasil rekomendasi yang didapatkan yaitu memberikan lima rekomendasi produk terhadap pengguna (user) berdasarkan review pada produk “Antioxidant Serum” berturut-turut yaitu “Antioxidant Cleansing Foam”, “Antioxidant Toner”, “Antioxidant Soothing Gel”, “Antioxidant Night Cream”, dan “Antioxidant Morning Cream” dengan nilai cosine similarity berturut-turut adalah 0.875379, 0.772920, 0.670935, 0.385445, 0.296287.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSkincareen_US
dc.subjectSistem Rekomendasien_US
dc.subjectContent-Based Filteringen_US
dc.titleSistem Rekomendasi Pemilihan Produk Skincare Dengan Pendekatan Contentbased Filtering (Studi Kasus: Review Produk Skincare Di Female Daily)en_US
dc.Identifier.NIM18611002


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record