Pengalaman Transformasi Regulasi Diri pada Siswa Penghafal Quran
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengkaji proses transformasi regulasi
diri siswa yang didasari oleh Al-Qur’an, mulai dari bagaimana pembelajaran AlQur’an berlangsung, apa saja faktor yang mempengaruhi, serta dampak apa saja
yang muncul. Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dengan cara Studi
Kasus. Partisipan merupakan seorang siswa kelas 5 yang bersekolah di SD X
Sleman. Pertanyaan terbuka dilakukan untuk mendapatkan data yang sesuai
dengan topik. Penelitan ini menggunakan Open Coding sebagai teknik pengolahan
data. penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 tahap pembelajaran AlQur’an, yaitu (1) pemberian contoh, (2) ziyadah, (3) muraja’ah, dan (4) ujian.
Kemudian faktor yang mempengaruhi antara lain (1) Teman yang positif, (2)
Kelas yang kondusif, (3) Guru yang tidak berganti-ganti, (4) Guru yang
menyenangkan. (5) Keluarga yang kompak, serta (6) Kesadaran diri pentingnya
mempelajari Al-Qur’an. Dampak yang dirasakan oleh partisipan antar lain (1)
Dampak afektif, (2) Dampak Kognitif, (3) Dampak sosial dan perilaku, serta (4)
Dampak Spiritual
Collections
- Psychology [2270]