Hubungan Motivasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia di Sekolah di Kabupaten Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara motivasi belajar dan
kerjasama peserta didik dalam pembelajaran kimia; 2) kriteria motivasi belajar
peserta didik di empat sekolah di daerah Sleman; 3) kriteria kerjasama peserta didik
di empat sekolah di daerah Sleman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik yang berasal dari empat SMA di daerah Sleman, Yogyakarta yang meliputi
SMA Negeri 1 Kalasan, SMA Negeri 1 Turi, SMA Negeri 2 Sleman dan SMA Negeri
1 Cangkringan dengan jumlah populasi yaitu 643 peserta didik. Sampel penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI dan XII berjumlah 61 orang dan teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data yang
digunakan dalam penelitian ini yatu teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa
angket. Instrumen motivasi belajar dan kerjasama yang berbentuk angket ini
kemudian disebarkan secara daring/online melalui google formulir. Teknik analisis
data untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kerjasama peserta didik
dalam pembelajaran kimia ini menggunakan uji statistik uji korelasi parametrik yaitu
Pearson Product Moment dan non parametrik yaitu uji spearman. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi
belajar dengan kerjasama peserta didik pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 1
Kalasan, SMA Negeri 1 Turi, SMA Negeri 2 Sleman dan SMA Negeri 1
Cangkringan; 2) motivasi belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Kalasan, SMA
Negeri 1 Turi, SMA Negeri 2 Sleman dan SMA Negeri 1 Cangkringan berada pada
kategori baik; 3) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1
Kalasan, SMA Negeri 1 Turi, SMA Negeri 2 Sleman dan SMA Negeri 1
Cangkringan berada pada kategori baik.
Collections
- Chemistry Education [324]