Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Smk N 1 Cangkringan pada Materi Koloid Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan yang signifikan prestasi belajar aspek pengetahuan melalui penerapan
model pembelajaran POE pada materi koloid kelas X SMK N 1 Cangkringan Tahun
Ajaran 2020/2021; 2) mengetahui kriteria keterampilan proses sains melalui
penerapan model pembelajaran POE pada materi koloid kelas X SMK N 1
Cangkringan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
SMK N 1 Cangkringan Kelas X Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)
yang berjumlah 135 siswa. Sampel penelitian menggunakan kelas X APHP 1
sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas X APHP 4 sebagai
kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik tes untuk
mengukur prestasi belajar dan non tes untuk mengukur keterampilan proses sains.
Hasil penelitian ini didapatkan yaitu: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan
prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2020/2021
ranah pengetahuan melalui penerapan model pembelajaran POE pada materi
koloid; 2) kriteria keterampilan proses sains siswa kelas X SMK N 1 Cangkringan
Tahun Ajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran POE pada materi
Koloid memiliki kriteria tidak baik.
Collections
- Chemistry Education [324]