Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat menabung nasabah dengan akad wadi’ah di Bank Syariah Indonesia Yogyakarta.
Abstract
Latar belakang masalah ini ditandai dengan mergernya bank syariah serta
dampaknya bagi perekonomian syariah di Indonesia pada masa pandemi covid-19,
yang mempunyai tujuan agar nantinya bank syariah indonesia ini dapat menjadi
poros perekonomian indonesia khususnya dalam perekonomian syariah. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, dan
switching cost terhadap minat menabung nasabah dengan akad wadi’ah di Bank
Syariah Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus
hingga september 2021 dan menggunakan metode kuantitatif. Data yang
digunakan yaitu data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada 110
responden yang sesuai dengan kriteria dari rentan usia 15-40 tahun, jumlah
pendapatan, jenis kelamin, dan pekerjaan. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu regresi linier. Variabel pengaruh pengetahuan signifikan terhadap
minat menabaung nasabah akad wadi’ah dengan nilai signifikan sebesar 0,000.
Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menbaung
nasabah dengan akad wadi’ah dengan nilai signifikan sebesar 0,031. Variabel
switching cost berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah dengan
akad wadi’ah dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan uji F secara
simultan berpengaruh signifikan sebesar 0,000 dengan nilai R square sebesar
61,9% sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam model penelitian.
Collections
- Islamic Economics [826]