Hubungan Antara Self Efficacy dan Academic Burnout Pada Siswa SMA di Kota Cirebon Selama Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Academic Burnout mengacu pada perasaan lelah karena tuntutan studi,
memiliki sikap sinis terhadap tugas-tugas sekolah, dan perasaan tidak kompeten
sebagai siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat tingginya Academic
Burnout pada siswa adalah tingkat self efficacy yang dimiliki siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan academic burnout
pada siswa SMA di Kota Cirebon selama pembelajaran jarak jauh. Peneliti
menyebarkan kuesioner secara online kepada 472 siswa SMA di Kota Cirebon
dengan 316 perempuan dan 156 laki-laki. Skala yang digunakan diadaptasi dari
skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) dan General SelfEfficacy Scale (GSES). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan
negatif yang signifikan antara Academic Burnout dan Self Efficacy yang artinya
hipotesis penelitian ini diterima
Collections
- Psychology [2177]