Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dra. Junanah, MIS
dc.contributor.authorAFFAN MASALONG
dc.date.accessioned2022-08-09T02:05:48Z
dc.date.available2022-08-09T02:05:48Z
dc.date.issued2022-03-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38235
dc.description.abstractKurikulum pendidikan atau manhaj ad-dirasah dalam kamus tarbiyah merupakan seperangkat perencanaan dan media yang dijadikan acuan oleh lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan bagaimana penerapan kurikulum PAI di Taman Didikan Kanak-kanak (TADIKA) Jamek. 2) mendiskripsikan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum PAI di Taman Didikan Kanak-kanak (TADIKA) Jamek. 3) Untuk mendiskripsikan hasil penerapan kurikulum PAI di Taman Didikan kanak-kanak (TADIKA) Jamek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesmpulan. Sedangkan uji keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan kurikulum di TADIKA Jamek sudah sesuai sistem yang dibuat oleh sekolah. Kurikulum PAI di TADIKA disusun dengan memperhatikan peningkatan iman dan ketakwaan peserta didik agar menjadi manusia yang taat kepada Allah SWT dan memiliki akhklak yang mulia sebagai perwujudan dari Pendidikan Agama Islam dengan membagi mata pelajaran PAI menjadi senbilan mata pelajaran yaitu: Fiqih, Al-quran, Hadits, Sejarah, Aqidah, Akhlak, Jawi, Rumi, dan Arab. Adapun faktor pendukung penerapan kurikulum PAI di TADIKA Jamek antara lain yaitu berupa dukungan dari pihak eksternal yang mendukung didalam penerapan kurikulum tersebut seperti, persatuan Tadika, dan juga dari pihak guru dan orang tua. Selain itu, dukungan dalam penerapan kurikulum PAI di Tadika juga berupa bahan ajarnya yang berbentuk buku pelajaran dan buku buku teks terkait. Sedangkan faktor penghambat penerapan kurikulum PAI di TADIKA Jamek yaitu masih terdapat pihak pendidik dan peserta didik yang belum memahami secara maksimal berkaitan dengan kurikulum, hal ini menyebabkan penerapan kurikulum belum maksimal dan belum berjalan dengan, serta juga proses pembelajaran menjadi tidak stabil dengan kurikulum. Selain itu masih belum maksimal majlis yang membahas berkaitan dengan kurikulum ini ataupun pelatihan yang diadakan oleh pemerintah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectPAIen_US
dc.subjectTADIKAen_US
dc.titlePenerapan Kurikulum Pai Di Taman Didikan Kanak-Kanak (Tadika) Jamek Kecamatan Tanohputeh Kabupaten Bannangsata Provensi Yala Thailanden_US
dc.Identifier.NIM16422198


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record