Hubungan Kecemasan Dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hipotesis adanya hubungan positif antara
kecemasan dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa di masa pandemic.
Semakin tinggi tingkat kecemasan mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat
prokrastinasi akademik mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan subjek
sebanyak 205 mahasiswa aktif yang melakukan pembelajaran di masa pandemik.
Alat ukur yang digunakan adalah skala adaptasi prokrastinasi akademik Tuckman’s
Procrastination Scale (1990) dengan skor reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar
0.887 dan skala adaptasi kecemasan Zung Self-Rating Anxiety Scale (2019) dengan
skor reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0.757. Metode analisis data penelitian
ini menggunakan Teknik analisis korelasi parametrik Pearson menggunakan
aplikasi SPSS 25 for windows yang menghasilkan r=0.374 dengan
p=0.000(p<0.05), sehingga dari data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis
penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]