Hubungan Antara Keterlibatan Mahasiswa Dan Prestasi Akademik Pada Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian mengenai hubungan antara keterlibatan mahasiswa dan prestasi
akademik telah banyak diteliti, namun belum ada yang meneliti secara spesifik
mengenai hubungan antara keterlibatan mahasiswa dan prestasi akademik dalam
konteks pembelajaran daring. Hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya
menunjukan bahwa bagi mahasiswa keterlibatan merupakan salah satu unsur
penting dalam meningkatkan prestasi akademik. Penelitian ini ditujukan untuk
mengetahui, memperluas dan memperbarui penelitian yang telah dilakukan
dengan hipotesis bahwa ada hubungan yang positif antara keterlibatan mahasiswa
dan prestasi akademik dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh
mahasiswa. Partisipan sebanyak 150 responden yang telah memenuhi kriteria
dalam penelitian ini telah mengisi kuisioner yang disebarkan. Skala yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala Online Student Engagement (OSE)
oleh Dixon yang telah ditranslasi kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari analisis
yang telah dilakukan menunjukan bahwa keterlibatan mahasiswa berhubungan
positif dengan prestasi akademik dengan signifikan dalam pembelajaran daring.
Hasil analisis juga menunjukan bahwa aspek kinerja (performance) dalam
keterlibatan mahasiswa merupakan aspek yang memiliki hubungan terbesar
dengan tingkat prestasi akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring.
Collections
- Psychology [2270]