Analisis Usabilitas E-Commerce Dengan Metode Use Questionaire Dan Performance Measurement (Studi Kasus: Shopee)
Abstract
Shopee juga dilengkapi dengan fitur live chat, berbagi (social sharing), dan hashtag
untukmemudahkan komunikasi anatara penjual dan pembeli dan memudahkan dalam
mencariproduk yang diinginkan konsumen. Aplikasi Shopee dapat diunduh dengan gratis
di AppStore dan Google Play Store. Aplikasi dengan tingkat kemudahan, efektivitas, dan
efisiensi yang tinggi pada dasarnya biasanya akan memiliki lebih banyak pengguna. Jika
tidak, tingkat kemudahan, efisiensi dan efektivitas aplikasi apabila terlalu rendah pada
akhirnya jumlah pengguna mulai turun dan ditinggalkan oleh pengguna kemudian beralih
ke aplikasi lain. Kegunaan perbandingan ini dapat menggunakan USE Questionnaire, dan
Performance Measure melibatkan pengujian langsung ke sampel pengguna. Tes USE
Questionnaire ini akan dilakukan dalam satu langkah, tugas tes pertama, mengisi
kuesioner online pada google form untuk menilai tingkat usefullness, ease of use, ease of
learning, dan satisfaction pada aplikasi Shopee. Pada USE Questionnaire ada 4 langkah
perhitungan dalam penelitian ini, menghitung tingkat usefullness, ease of use, ease of
learning, satisfaction dari responden yang sudah mengisi kuesioner,. Pada Performance
Measurement ada 3 langkah perhitungan yaitu menghitung waktu total dari 10 responden
dengan 3 skenario, menghitung task error dari 10 responden dengan 3 skenario, dan
menghitung tingkat Efektivitas dari 10 responden dengan 3 skenario.
Collections
- Industrial Engineering [2227]