Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Ahmad Darmadji, M.Pd
dc.contributor.authorROHMAD SUBAKTI
dc.date.accessioned2022-08-01T06:53:35Z
dc.date.available2022-08-01T06:53:35Z
dc.date.issued2022-02-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37991
dc.description.abstractKemajuan suatu bangsa sangat tergantung dari kemajuan pendidikan. Dewasa ini kecerdasan sosial peserta didik justru sangat merosot di negri ini khususnya di lingkungan institusi pendidikan, terlihat dari banyaknya kasus bullying, tawuran antar peserta didik, menyontek, mengabaikan guru dikelas, bahkan kekerasan yang dilakukan murid kepada guru. Dalam pendidikan Islam, kita bisa mengamalkan kepemimpinan profetik untuk membentuk kecerdasan sosial peserta didik berdasarkan konsep yang diajarkan oleh Rasulullah sebagai pemimpin yang paling berhasil dan seorang yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia. Dengan menerapkan konsep pendidikan berbasis kepemimmpinan yang diajarkan oleh Rasulullah serta meneladaninya, diharapkan dapat membentuk akhlak peserta didik. Maka dari beberapa caranya adalah dengan mengimplementasikan kepemimpinan profetik disekolah. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui implementasi kepemimpinan profetik dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik di Mts Himmatul Ummah, 2) Untuk mengetahui hasil Implementasi kepemimpinan profetik dalam pembentukan kecerdasan sosisal peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) berdasarkan fenomenologis. Objek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi Penelitian dilaksanakan di Mts Himmatul Ummah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesesuaian antara visi misi sekolah dengan penerapan kurikulum islami dengan pembiasaan kegiatan profetik sehingga Implementasi Kepemimpinan Profetik Kepala Sekolah dalam Pembentukan Kecerdasan Peserta Didik di Mts Himmatul Ummah adalah dapat membentuk kecerdasn sosial peserta didik, religiusitas serta meningkatkan toleransi dan kepedulian sosial di lingkungan sekolah maupun masyarakat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkepemimpinanen_US
dc.subjectprofetiken_US
dc.subjectpendidikanen_US
dc.titleImplementasi Kepemimpinan Profetik Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Himmatul Ummahen_US
dc.Identifier.NIM19913076


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record