Pengalaman Transformasi Regulasi Diri Pada Siswa Penghafal Quran
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengkaji proses transformasi regulasi
diri siswa yang didasari oleh Al-Qur’an, mulai dari bagaimana pembelajaran Al-
Qur’an berlangsung, apa saja faktor yang mempengaruhi, serta dampak apa saja
yang muncul. Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif dengan cara Studi
Kasus. Partisipan merupakan seorang siswa kelas 5 yang bersekolah di SD X
Sleman. Pertanyaan terbuka dilakukan untuk mendapatkan data yang sesuai
dengan topik. Penelitan ini menggunakan Open Coding sebagai teknik pengolahan
data. penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 tahap pembelajaran Al-
Qur’an, yaitu (1) pemberian contoh, (2) ziyadah, (3) muraja’ah, dan (4) ujian.
Kemudian faktor yang mempengaruhi antara lain (1) Teman yang positif, (2)
Kelas yang kondusif, (3) Guru yang tidak berganti-ganti, (4) Guru yang
menyenangkan. (5) Keluarga yang kompak, serta (6) Kesadaran diri pentingnya
mempelajari Al-Qur’an. Dampak yang dirasakan oleh partisipan antar lain (1)
Dampak afektif, (2) Dampak Kognitif, (3) Dampak sosial dan perilaku, serta (4)
Dampak Spiritual.
Collections
- Psychology [2270]