dc.contributor.advisor | Rakhmawati, S.Stat., MA., | |
dc.contributor.author | ANGGAH | |
dc.date.accessioned | 2022-06-23T02:49:37Z | |
dc.date.available | 2022-06-23T02:49:37Z | |
dc.date.issued | 2022-02-02 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37874 | |
dc.description.abstract | Wakaf sebagai ibadah yang berdimensi sosial sangat penting bagi umat karena
dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa mengentaskan kemiskinan.
Badan Wakaf Nasional (BWI) terus mendorong dan mengkampanyekan kepada
masyarakat agar mau berwakaf karena wakaf adalah endowment fund atau dana
abadi yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Dengan
tujuan yang sama, Yayasan Badan Wakaf UII mendirikan Lembaga Wakaf Uang
UNISIA sebagai upaya mengembangkan budaya wakaf di Indonesia. Lembaga
Wakaf Uang UNISIA telah memanfaatkan perkembangan digital dan teknologi
untuk melakukan verifikasi dalam metode penyerahan wakaf uang berdasarkan
preferensi yang dimiliki oleh masyarakat sehingga hal ini dapat memfasilitasi
kemudahan masyarakat untuk berwakaf. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta
dalam metode penyerahan wakaf uang di Lembaga wakaf uang UNISIA sehingga
memperluas penjaringan potensi wakaf di Indonesia. Penelitian ini dilakukan
dengan pengumpulan data melalui survei dan dianalisis menggunakan metode
kuantitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan mengambil sampel
sebanyak 250 responsen yang berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa preferensi masyarakat Daerah
Istimewa Yogyakarta dalam memilih metode penyerahan wakaf uang ialah secara
Direct atau datang langsung ke kantor. Masyarakat memilih metode ini karena
mengutamakan amanah atau kepercayaan saat penyerahan wakaf uang yang
dilakukan. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik demografi
seperti, jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan dan level pendapatan berperan
penting dalam preferensi. Seperti dalam karakteristik usia yang menunjukkan
bahwa Generasi Z (rentang usia 20-30 tahun) yang familiar dengan teknologi
memilih metode pembayaran melalui mobile banking, begitupun masyarakat yang
memiliki latar belakang pendidikan di perguruan tinggi dan pekerjaan sebagai
dosen. Namun di antara perbedaan tersebut tujuan masyarakat berwakaf tetap sama
karena preferensi dalam Islam berkaitan dengan cara penggunaan kekayaan yang
harus diarahkan pada tujuan yang mengandung kemaslahatan sehingga
memperoleh kesejahteraan ekonomi. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Preferensi | en_US |
dc.subject | Wakaf | en_US |
dc.subject | Metode Penyerahan Wakaf | en_US |
dc.title | Preferensi Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Metode Penyerahan Wakaf Uang Di Lembaga Wakaf Uang Unisia Preference Of People Of Special Region Of Yogyakarta In Method Of Endowing The Cash Waqf At Cash Waqf Institution At Unisia | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17423063 | |