dc.contributor.advisor | Dr. Junanah, MIS | |
dc.contributor.author | AFIF FARAKHAN | |
dc.date.accessioned | 2022-06-23T01:38:50Z | |
dc.date.available | 2022-06-23T01:38:50Z | |
dc.date.issued | 2022-02-02 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37869 | |
dc.description.abstract | Masa terbaik anak usia dini adalah periode penting bagi pembentukan sistem kerja otak
baik motorik, sensorik dan kognitif. Bahasa arab mempunyai peranan yang sangat penting bagi
umat Islam diseluruh dunia, dengan menguasai Bahasa Arab, akan memudahkan kita untuk
mempelajari dan memahami Al-quran dan Hadist. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum
berkembangnya guru dalam menerapkan metode untuk proses berbicara Bahasa arab pada anak
usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru TPA dalam pembelajaran
Bahasa arab pada anak usia dini di TPA Sholihin, kemudian mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat dalam ketrampilan berbicara Bahasa arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
menggunakan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru selaku
pengajar di TPA Sholihin, santriwan dan santriwati. Tekhnik pengumpulan data dilakukan
menggunakan metode purposive sampling terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi
kepada informan. Sedangkan teknis analisis data terdiri tiga komponen yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan dalam meningkatkan
kemampuan berbicara dalam Bahasa arab pada santri adalah metode yang sangat tepat untuk
di aplikasikan. hal ini dibuktikan dengan adanya catatan perkembangan hafalan peserta didik
pada buku hafalan yang dimilikinya. Peserta didik juga lebih aktif dan bersemangat mengikuti
pembelajaran dan suasana kelas juga lebih menyenangkan. Adapun faktor penghambat dan
pendukung pada kegiatan ini terbagi menjadi dua yakni, faktor internal dan faktor eksternal. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Upaya guru | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Bahasa Arab | en_US |
dc.subject | Pendidikan anak usia dini | en_US |
dc.title | Upaya Guru Pada Ketrampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpa Sholihin, Candiwinangun, Ngaglik, Sleman | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17422124 | |