Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorAFIF FARAKHAN
dc.date.accessioned2022-06-23T01:38:50Z
dc.date.available2022-06-23T01:38:50Z
dc.date.issued2022-02-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37869
dc.description.abstractMasa terbaik anak usia dini adalah periode penting bagi pembentukan sistem kerja otak baik motorik, sensorik dan kognitif. Bahasa arab mempunyai peranan yang sangat penting bagi umat Islam diseluruh dunia, dengan menguasai Bahasa Arab, akan memudahkan kita untuk mempelajari dan memahami Al-quran dan Hadist. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya guru dalam menerapkan metode untuk proses berbicara Bahasa arab pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode guru TPA dalam pembelajaran Bahasa arab pada anak usia dini di TPA Sholihin, kemudian mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam ketrampilan berbicara Bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru selaku pengajar di TPA Sholihin, santriwan dan santriwati. Tekhnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode purposive sampling terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan. Sedangkan teknis analisis data terdiri tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam Bahasa arab pada santri adalah metode yang sangat tepat untuk di aplikasikan. hal ini dibuktikan dengan adanya catatan perkembangan hafalan peserta didik pada buku hafalan yang dimilikinya. Peserta didik juga lebih aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran dan suasana kelas juga lebih menyenangkan. Adapun faktor penghambat dan pendukung pada kegiatan ini terbagi menjadi dua yakni, faktor internal dan faktor eksternal.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUpaya guruen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Araben_US
dc.subjectPendidikan anak usia dinien_US
dc.titleUpaya Guru Pada Ketrampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpa Sholihin, Candiwinangun, Ngaglik, Slemanen_US
dc.Identifier.NIM17422124


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record