Show simple item record

dc.contributor.advisorHanson Prihantoro Putro, S.T., M.T.
dc.contributor.authorMUHAMMAD ZAKI ALGHIFARI
dc.date.accessioned2022-06-09T01:53:26Z
dc.date.available2022-06-09T01:53:26Z
dc.date.issued2021-12-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37784
dc.description.abstractDalam meneliti User Experience suatu perangkat lunak, tentunya memerlukan metode yang tepat untuk mendapatkan data pengujian user supaya ke depannya menjadi evaluasi yang dapat diperbaiki pada perangkat lunak tersebut. User experience memiliki peranan penting terhadap mata usernya. Jika user experience tidak dioptimalkan dalam penggunaannya maka user bisa saja meninggalkan aplikasi tersebut dan berpindah ke aplikasi lain yang serupa. Pengujian user experience pada perangkat lunak terjadi ketika aplikasi terjadi penurunan dalam jumlah pengunjung dan aktivitas pengguna pada perangkat lunak. Dengan metode yang tepat, hasil pengujian akan memerikan hasil perbaikan yang tepat pula. UX Audit dapat digunakan untuk pengujian desain perangkat lunak. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi pengaruh UX audit terhadap suatu desain perangkat lunak serta mengetahui best practice dalam melakukan pengujian UX audit desain perangkat lunak. Terdapat beberapa metode yang ditemukan untuk melakukan UX audit. Metode-metode tersebut memiliki tujuan dan cara yang berbeda-beda dalam melakukan audit terhadap perangkat lunak. Dari beberapa metode tersebut, yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode heuristic evaluation. Metode ini digunakan karena dapat dengan cepat menemukan titik yang menjadi masalah dan memperbaiki masalah desain perangkat lunak secara tepat. Aplikasi yang akan dijadikan sebagai studi kasus dalam penelitian ini adalah aplikasi ezparking, yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai pemesanan tiket parkir secara online. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan empat langkah penelitian, yaitu menentukan aplikasi yang akan diaudit, audit permasalahan, memperbarui desain perangkat lunak berdasarkan temuan yang didapat ketika proses audit dan yang terakhir yaitu audit desain terbaru untuk membandingkan permasalahan sebelum dan sesedah audit. Dari langkah-langkah tersebut akan diketahui bahwa audit menggunakan metode heuristic evaluation dengan checklist dapat menjadi solusi untuk menunjukkan titik-titik kelemahan desain perangkat lunak. Temuan masalah pada saat proses audit dapat menjadi acuan untuk perbaikan desain perangkat lunak nantinya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUX Experienceen_US
dc.subjectUX Auditen_US
dc.subjectSystem Auditen_US
dc.subjectHeuristic Evaluation dan Desain Perangkat Lunaken_US
dc.titleUx Audit Sebagai Pengujian Desain Perangkat Lunaken_US
dc.Identifier.NIM17523169


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record