Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Kecenderungan Depresi Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan diri terhadap kecenderungan
depresi pada mahasiswa selama pandemi COVID 19. Subjek dari penelitian ini adalah
mahasiswa yang sedang menjalani sistem perkuliahan secara daring atau online di Universitas
selama pandemi COVID 19 yang terdiri atas 239 responden. Hipotesis pada penelitian ini
adalah terdapat korelasi atau pengaruh negatif antara penerimaan diri dengan kecenderungan
depresi pada mahasiswa. Skala penerimaan diri dalam penelitian ini menggunakan skala
Penerimaan Diri Berger (Berger Self-Acceptance Questionnaire) dengan dasar teori Sheerer
(Cronbach, 1963) dan diterjemahkan oleh Jannah (2019). Skala kecenderungan depresi
menggunakan skala DASS-D (Depression Anxiety Stress Scale) oleh Lovibond dan Lovibond
(1995) yang telah diterjemahkan oleh Damanik (2011). Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik Non-Parametric Spearman Rho. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
penerimaan diri memiliki pengaruh negatif terhadap kecenderungan depresi pada mahasiswa
dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,573 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,002. Hal ini
menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat penerimaan diri individu maka semakin rendah
tingkat depresi yang dialami. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa
hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2170]