dc.contributor.advisor | Thobagus Mohammad Nu'man,S.Psi.,MA.,Psikolog | |
dc.contributor.author | ULFA HUZATUL ULUM | |
dc.date.accessioned | 2022-05-27T06:53:00Z | |
dc.date.available | 2022-05-27T06:53:00Z | |
dc.date.issued | 2021-12-22 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37591 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara modal psikologis dengan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran daring pada mahasiswa Universitas Islam
Indonesia di era pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan 169 mahasiswa (Lakilaki
=
24,2%,
Perempuan
=
75,8%)
yang
pernah
atau
sedang
melakukan
perkuliahan
secara
online, dengan rentan usia 18 hingga 23 tahun. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner melalui Google Form menggunakan
skala Likert. Skala penelitian yang digunakan adalah Psychological Capital
Questionnaire-12 (PCQ-12) dan Online Student Engagement (OSE). Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara modal psikologis dan keterlibatan
siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Statistical Package for
the Social Sciences (SPSS) versi 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara modal psikologis dan
keterlibatan siswa pada mahasiswa Universitas Islam Indonesia (r = 0.633 Dan p =
0.000). Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Modal Psikologis | en_US |
dc.subject | Keterlibatan Siswa | en_US |
dc.subject | Mahasiswa | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.subject | Pandemi COVID-19 | en_US |
dc.title | Hubungan Modal Psikologis Dengan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Di Era Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17320251 | |