Orientasi Tujuan Dan Keterlibatan Siswa Sma Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Belajar dari rumah (BdR) merupakan kebijakan pemerintah yang diberlakukan
sejak pandemi COVID-19 masuk di Indonesia. BdR pada penerapannya di
lapangan menunjukkan adanya masalah pada keterlibatan siswa. Indikator
masalah keterlibatan siwa yang terjadi di antaranya adalah putus sekolah, malas
mengerjakan tugas, mencontek, putus sekolah, dan lain sebagainya. Meski
demikian, keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan jika siswa
memiliki orientasi tujuan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara orientasi tujuan dan keterlibatan siswa pada 163
siswa SMA/sederajat saat pembelajaran dalam jaringan (daring). Penelitian ini
menggunakan alat ukur The Goal Orientation Scale untuk mengukur orientasi
tujuan, sedangkan pengukuran keterlibatan siswa secara daring menggunakan alat
ukur Online Student Engagement. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah adanya korelasi positif antara orientasi tujuan dan keterlibatan siswa pada
siswa SMA/sederajat. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif
antara orientasi tujuan dan keterlibatan siswa memiliki koefisien korelasi yang
tergolong lemah dengan nilai r = 0,226 (p < 0,05) . Berdasarkan analisis tersebut,
hipotesis penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]