Stres Akademik Dan Cyberloafing Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan perilaku
cyberloafing pada 105 Mahasiswa psikologi aktif Universitas Islam Indonesia (UII). Hipotesis
pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara stres akademik dan perilaku
cyberloafing. Skala cyberloafing mengacu aspek dari penelitian Lim (Blau, Yang, & WardCook,
2004). Skala stres akademik menggunakan skala Lin dan Chen (2009). Analisis data
menggunakan Pearson correlation menunjukan terdapat hubungan positif antara stres akademik
dan perilaku cyberloafing pada mahasiswa psikologi UII (r= 0,553 p<0,000). Hipotesis pada
penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan positif antara stres akademik dan perilaku
cyberloafing yang menunjukan semakin tinggi tingkat stres akademik yang dialami oleh
Mahasiswa UII, maka akan semakin tinggi juga tingkat perilaku cyberloafing.
Collections
- Psychology [2173]