Analisis Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Pada Kemitraan Internasional Di Bidang Riset Dan Publikasi Ilmiah Di Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis lebih
dalam mengenai implementasi manajemen pendidikan tinggi pada kemitraan
internasional di bidang riset dan publikasi ilmiah di Universitas Islam Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah direktorat penelitian dan pengabdian masyarakat, direktorat
kemitraan/kantor urusan internasional dan dosen. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara dan kajian dokumen. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model alir Miles
dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa analisis implementasi manajemen
pendidikan tinggi pada kemitraan internasional di bidang riset dan publikasi
ilmiah di UII memenuhi tujuh dari sembilan indikator keberhasilan strategis
kemitraan. Hal tersebut mengacu pada tiga rumusan masalah, yaitu: 1)
Implementasi kemitraan internasional di bidang riset dan publikasi ilmiah dilihat
dari ruang lingkup manajemen pengelolaannya sudah berjalan dengan baik,
namun belum maksimal; 2) Strategi kebijakan peningkatan implementasi
kemitraan internasional di bidang riset dan publikasi ilmiah di UII berorientasi
pada pendekatan kebijakan pendidikan yang mengacu pada rencana strategis
penelitian dan rencana pengembangan kampus menuju research university dan
WCU; 3) Faktor pendukung implementasi kemitraan internasional di bidang riset
dan publikasi ilmiah adalah dukungan seluruh civitas akademik yang terlibat dan
mitra dengan menjunjung tinggi kerja kolektif. Faktor penghambat implementasi
kemitraan internasional di bidang riset dan publikasi ilmiah adalah kapasitas
kemampuan SDM yang bervariasi.