Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Toto Kuwato
dc.contributor.authorKiki Amalia
dc.date.accessioned2022-05-20T08:44:03Z
dc.date.available2022-05-20T08:44:03Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37481
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya tarik Anggun C. Sasmi selaku selebriti pendukung dengan asosiasi merek Pantene. Asumsi hipotesis yang diajukan ada dua, yang pertama ada hubungan positif antara daya tarik Anggun C. Sasmi selaku selebriti pendukung dengan asosiasi merek Pantene. Lalu, asumsi hipotesis yang kedua yaitu, hubungan antara daya tarik selebriti pendukung dengan asosiasi merek dipengaruhi oleh keakraban merek. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 subjek penelitian yaitu mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia dengan rentang usia antara 18-23 tahun. Penelitian ini menggunakan tiga buah skala yaitu skala daya tarik selebriti Anggun C. Sasmi sebanyak 22 aitem dengan aspek Shimp (2007) dan skala asosiasi merek Pantene sebanyak 23 aitem dengan dimensi asosiasi merek Low dan Lamb (2000) yang mengacu pada teori Aaker (1991), serta skala keakraban merek sebanyak 7 aitem berdasarkan dimensi yang diungkap Low dan Lamb (2000). Analisis korelasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Spearman’s rho yang menunjukkan ada hubungan positif antara daya tarik selebriti Anggun C. Sasmi dengan asosiasi merek Pantene, r=0.283 dengan p=0,004 (p<0,01). Analisis hubungan daya tarik selebriti pendukung dengan asosiasi merek Pantene setelah mengendalikan variabel keakraban merek dengan korelasi parsial membuat kedua hubungan menurun signifikan, yaitu korelasi keduanya menjadi r=0,214, dengan p<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara daya tarik Anggun C. Sasmi selaku selebriti pendukung dengan asosiasi merek Pantene sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Analisis koefisien determinasi (r²) menunjukkan sumbangan daya tarik selebriti Angun C. Sasmi sebesar 8% terhadap asosiasi merek Pantene pada 88 subjek penelitian yaitu mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia. Kata Kunci: Daya Tarik Selebriti Pendukung, Asosiasi Merek, Keakraban Mereken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDaya Tarik Selebriti Pendukung, Asosiasi Merek, Keakraban Mereken_US
dc.titleHubungan Antara Daya Tarik Selebriti Pendukung Dengan Asosiasi Merek (Studi Pada Iklan Pantene Versi Anggun C. Sasmi)en_US
dc.Identifier.NIM08320053


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record