Efektivitas Islamic Entrepreneurship Training Untuk Meningkatkan Motivasi Spiritual Dalam Berwirausaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Islamic
Entrepreneurship Training untuk meningkatkan motivasi spiritual dalam
berwirausaha pada mahasiswa tingkat akhir. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi spiritual dalam berwirausaha pada
saat sebelum mengikuti pelatihan, dengan motivasi spiritual dalam berwirausaha
setelah mengikuti pelatihan pada subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan dari beberapa universitas di
Yogyakarta, sebanyak 18 orang. Skala dan modul pelatihan Islamic
Entrepreneurship Training yang digunakan untuk mengukur motivasi spiritual
berwirausaha yang didasarkan pada teori motivasi spiritual oleh Anshari (Muafi,
2003). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
bantuan program SPSS 16.0 for windows, menggunakan Wilcoxon Signed Ranks
dan diperoleh nilai Z sebesar -3,623 dengan p = 0,000 (p < 0,05) yang artinya
terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi spiritual dalam berwirausaha
saat sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan Islamic Entrepreneurship Training.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa Islamic
Entrepreneurship Training memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi
spiritual dalam berwirausaha pada mahasiswa dapat diterima.
Kata kunci : Islamic Entrepreneurship Training, Motivasi Spiritual Berwirausaha
Collections
- Psychology [2173]