Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Akhmad Suraji, M.T., Ph.D, IP-M.
dc.contributor.advisorIr. Faisol A.M., M.S.
dc.contributor.authorAFRIE NARDIANSYAH
dc.date.accessioned2022-05-19T03:20:33Z
dc.date.available2022-05-19T03:20:33Z
dc.date.issued2021-06-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37368
dc.description.abstractPermasalahan konstruksi yang umum terjadi adalah keterlambatan dalam pelaksanaan proyek. Keterlambatan pada proyek akan mempengaruhi biaya proyek. Melihat kejadian tersebut pada penelitian ini akan dianalisis percepatan waktu proyek pada proyek Pembangunan Jalan Simp. 4 Kaliorang - Kalisayan dengan metode Precedence Diagram Method (PDM) menggunakan software Microsoft Project 2010, sehingga didapatkan pekerjaan-pekerjaan yang berada pada lintasan kritis. Pekerjaan yang berada di lintasan kritis tersebut akan di lakukan crashing dengan metode penambahan jam kerja (lembur), dan penambahan alat, hasil akhir dari kedua alternatif perhitungan crashing tersebut akan diperoleh perubahan percepatan durasi waktu suatu proyek dengan biaya yang optimal. Dari hasil penelitian optimasi waktu dan biaya dengan metode crashing pada proyek pembangunan jalan simp. 4 kaliorang - talisayan menggunakan alternatif penambahan jam kerja (lembur) selama 3 jam, 4 jam, 5 jam, dan 6 jam serta alternatif yang kedua dengan variasi penambahan alat dan tenaga kerja sebesar 25%, 50%, 75% dan 100% dari jumlah alat dan tenaga normal didapatkan hasil akhir dari alternatif yang paling optimum dari kedua alternatif tersebut adalah pada alternatif penambahan alat dan tenaga sebesar 100% dari jumlah alat dan tenaga normal, didapatkan durasi crash menjadi 91 hari dari durasi normal sebesar 135 hari atau terjadi percepatan durasi sebesar 44 hari, dengan didapatkan biaya total sebesar Rp10.825.046.816,96 dari biaya total normal sebesar Rp10.868.916.625,88 atau terjadi penurunan biaya total sebesar 0,40%.en_US
dc.subjectKeterlambatanen_US
dc.subjectpenambahan jam kerja (lembur)en_US
dc.subjectpenambahan alat dan tenagaen_US
dc.subjectPDM (Precedence Diagram Method)en_US
dc.subjectlintasan kritisen_US
dc.subjectcrashingen_US
dc.titleOptimasi Waktu Dan Biaya Dengan Metode Crashing Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Simp. 4 Kaliorang – Talisayan Kalimantan Timuren_US
dc.Identifier.NIM17914022


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record