Desain Strategi Pengembangan Model Bisnis Kuliner Rocket Chicken Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Studi Kasus: Rocket Chicken
Abstract
Pada abad 21 ini, kompetisi menjadi sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan diyakini
sebagai dampak dari era globalisasi, salah satu sektor yang terjangkit pada ketatnya
persaingan ini ialah kehidupan dalam sektor bisnis Kuliner. Oleh karena itu, melihat
hambatan yang terjadi mengharuskan sebuah bisnis kuliner untuk segera melakukan
perubahan dan langkah perbaikan demi memenangkan persaingan yang dihadapi. Salah
satu inisiasi yang patut dilakukan oleh perusahaan ialah dengan merumuskan desain
strategi pengembangan model bisnis melalui pendekatan Blue Ocean Strategy. Blue
Ocean Strategy (BOS) adalah sebuah strategi yang dikenal dengan metodenya terkait
bagaimana membuat sebuah ruang pasar yang belum tersentuh, penciptaan permintaan
hingga peluang pertumbuhan bagi perusahaan yang sangat menguntungkan. Di samping
metode BOS tersebut, digunakan juga metode SWOT guna mengevaluasi lingkup
internal maupun eksternal perusahaan sehingga dapat diketahui kondisi yang dialami
perusahaan bisnis kuliner Rocket Chicken. Adapun penelitian ini bertujuan untuk
membuat perumusan strategi bisnis tepat guna dengan pendekatan analisis SWOT dan
BOS kepada Rocket Chicken untuk pengembangan bisnisnya. Dari hasil pada penelitian
ini menunjukkan bagaimana perusahaan sedang berada pada kuadran III matriks SWOT
sehingga diharuskan untuk melakukan perubahan strategi, adapun perubahan strategi
yang dilakukan menggunakan metode BOS sehingga langkah awalnya ialah skema
kerangka kerja empat langkah terlebih dahulu, kemudian menetukan fokus strategi yang
akan dilancarkan oleh perusahaan. Pada kerangka kerja empat langkah ditemukan
bahwa tidak ada variabel strategi yang harus dihapus, kemudian perlu menghapus satu
variabel strategi, serta melakukan peningkatan pada delapan variabel strategi, hingga
menawarkan delapan variabel strategi berbeda. Terakhir, Fokus strategi tersebut ialah
ketersediaan produk yang disajikan, promosi, pengadaan ruang pemisah antara smoking
& non-smoking area, dan konsep membership, serta penciptaan desain pengemasan
produk yang baru.
Collections
- Industrial Engineering [2220]