Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.
dc.contributor.authorSATRIA BUDIDHARMA
dc.date.accessioned2022-04-18T02:35:58Z
dc.date.available2022-04-18T02:35:58Z
dc.date.issued2021-12-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37155
dc.description.abstractBanyaknya pertokoan serta fasilitas pendidikan yang berada pada Ruas Jalan Kapten Pierre Tendean membuat Ruas Jalan Kapten Pierre Tendean harus melayani kendaraan dengan intensitas yang cukup tinggi. Di Ruas Jalan Kapten Pierre Tendean terdapat 5 titik bukaan median untuk melayani kendaraan yang melakukan gerakan putaran balik. Pertokoan dan fasilitas pendidikan yang ada di Ruas Jalan Kapten Pierre tendean juga belum bisa menyediakan ruang parkir yang cukup sehingga membuat kendaraan harus parkir di badan jalan. Parkir kendaraan di badan jalan ini membuat berkurangnya lebar efektif jalan. Kendaraan yang parkir di badan jalan seringkali parkir di dekat fasilitas putaran balik sehingga akan mengganggu manufer kendaraan yang melakukan putar balik yang menyebabkan waktu untuk melakukan satu gerakan putaran balik menjadi lama. Jika kendaraan yang melakukan gerakan putaran baluk semakin lama maka akan menyebabkan panjang antrian yang semakin panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja eksisting ruas jalan, membuat alternatif solusi untuk mengatasi masalah, dan mengetahui perbandingan kinerja antara kondisi eksisting dan kondisi setelah dilakukan rekayasa untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh parkir badan jalan pada bukaan median. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan dengan cara survei lapangan langsung dilokasi penelitian. Survei lapangan diakukan dengan 2 tahap yaitu kajian kepustakaan, persiapan teknis, dan peralatan sebagai bentuk persiapan kemudian pelaksanaan survei untuk mengambil data yang mencakup volume lalu lintas, volume parkir badan jalan, kecepatan kendaraan, driving behaviour, panjang antrean dan tundaan. Data-data yang diambil dari survei lapangan kemudian dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, Perencanaan Putaran Balik 06/BM/2005, dan software VISSIM dengan tingkat kinerja ruas jalan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 96 Tahun 2015. Kondisi eksisting ruas Jalan Kapten Pierre Tendean berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 menghasilkan Kecepatan 40,10 km/jam pada Arah Utara dan 42,60 km/jam pada Arah Selatan dengan tingkat pelayanan E. Sedangkan berdasarkan simulasi software VISSIM menghasilkan kecepatan 37,09 km/jam untuk Arah Utara dan 39,66 km/jam untuk Arah Selatan dengan tingkat pelayanan E. Kemudian dirumuskan dua solusi yaitu Alternatif I yang digunakan adalah melarang parkir di 20 m sekitar bukaan median. Hasil dari analisis alternatif dengan melarang parkir di 20 m sekitar bukaan median menggunakan software VISSIM menghasilkan kecepatan 37,98 km/jam untuk Arah Utara dan 40,24 untuk Arah Selatan. Alternatif ini berhasil menghasilkan kenaikan kecepatan sebesar 2,39% untuk Arah Utara dan 1,46% untuk Arah Selatan namun kenaikan tersebut belum signifikan sehingga belum mampu membuat tingkat pelayanan Ruas Jalan Kapten Pierre Tendean yaitu masih bernilai E. Dan Alternatif II yang digunakan adalah menutup bukaan median U2 dan U4 serta melarang kendaraan melakukan putaran balik ke Arah Utara pada U1 dan ke Arah Selatan pada U5. Penutupan fasilitas putaran balik pada U2 dan U4 bertujuan untuk memusatkan putar balik pada bukaan median U3. Dengan penerapan alternatif ini diharapkan ratarata kecepatan kendaraan mengalami kenaikan karena meminimalisir kendaraan berhenti akibat tundaan kendaraan akibat adanya kendaraan di depannya dalam satu lajur yang melakukan gerakan putar balik. Hasil dari analisis alternatif dengan menutup bukaan median U2 dan U4 menggunakan software VISSIM menghasilkan kecepatan 43,2 km/jam untuk Arah Utara dan 44,14 km/jam untuk Arah Selatan. Alternatif ini berhasil menghasilkan kenaikan kecepatan sebesar 19,00% untuk Arah Utara dan 8,92% untuk Arah Selatan namun kenaikan tersebut belum signifikan sehingga belum mampu membuat tingkat pelayanan Ruas Jalan Kapten Pierre Tendean yaitu masih bernilai E walaupun alternatif dengan menutup bukaan median U2 dan U4 ini mampu menimbulkan kenaikan kecepatan lebih besar dari alternatif alternatif dengan melarang parkir di 20 m sekitar bukaan median.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectU-turnen_US
dc.subjectParkiren_US
dc.subjectSoftware VISSIMen_US
dc.subjectPKJI 2014en_US
dc.titleDampak Parkir On Street Pada Fasilitas Bukaan Median (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Di Jalan Kapten Pierre Tendean, Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM14511053


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record