Show simple item record

dc.contributor.advisorEdy Purwanto, Dr. Ir, CES., DEA.
dc.contributor.authorIMADUDDIN ARIF RAKHMAN
dc.date.accessioned2022-04-12T02:58:50Z
dc.date.available2022-04-12T02:58:50Z
dc.date.issued2021-12-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37082
dc.description.abstractJalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang merupakan salah satu ruas tol Trans Sumatra yang berada pada provinsi Lampung sebagian besar memiliki konstruksi timbunan cukup tinggi dan dibangun diatas lapisan tanah lunak. Penelitian ini dikhususkan pada ruas tol Terbanggi BesarPematang Panggang Sta 6+800 dengan tinggi timbunan bervariasi yaitu 3,5m , 7m , dan 10,5m dengan muka air berada pada tanah dasar timbunan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh nilai angka aman (SF) timbunan saat konstruksi dan paska konstruksi serta mengetahui konsolidasi dalam waktu 1 tahun (365 hari). Dalam menganalisis timbunan badan jalan ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan elemen hingga yaitu menggunakan bantuan program Plaxis 8.6. Analisis timbunan dilakukan pada timbunan tanah asli, timbunan dengan replacement, timbunan tanah asli dengan perkuatan geotekstil, dan timbunan replacement dengan perkuatan geotekstil. Pada timbunan 3,5m tanah asli memiliki angka aman 1,8423 saat konstruksi dan 1,5210 pada paska konstruksi. Timbunan 7m tanah asli memiliki angka aman 1,2624 saat konstruksi dan 1,1349 pada paska konstruksi. Timbunan 10,5m tanah asli memiliki angka aman 1,0559 saat konstruksi dan mengalami collapse pada paska konstruksi. Pada timbunan 7m replacement dan 10,5 replacement memiliki angka aman masing masing 1,3152 dan 1,1093 saat konstruksi serta pada paska konstruksi 1,1834 dan 1,0273. Pada timbunan 7m tanah asli dengan geotekstil 1 lapis memiliki angka aman 1,3611 saat konstruksi dan 1,2397 pada paska konstruksi. Timbunan 10,5m tanah asli dengan geotekstil 2 lapis memiliki angka aman 1,2432 saat konstruksi dan 1,1811 pada paska konstruksi. Timbunan 10,5m tanah asli dengan geotekstil 3 lapis memiliki angka aman 1,3030 saat konstruksi dan 1,2317 pada paska konstruksi. Sedangkan pada timbunan 7m replacement dengan geotekstil 1 lapis memiliki angka aman 1,4883 saat konstruksi dan 1,3609 pada paska konstruksi. Timbunan 10,5m replacement dengan geotekstil 2 lapis memiliki angka aman 1,4041 saat konstruksi dan 1,3130 pada paska konstruksi. Timbunan 10,5m replacement dengan geotekstil 3 lapis memiliki angka aman 1,5316 saat konstruksi dan 1,4607 pada paska konstruksi. Hasil tersebut menunjukan perencanaan perkuatan timbunan dengan replacement dan geotekstil dapat meningkatkan angka aman timbunan .en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTimbunan Badan Jalanen_US
dc.subjectTanah Lunaken_US
dc.subjectAngka Aman (SF)en_US
dc.subjectGeotekstilen_US
dc.subjectPlaxisen_US
dc.titleAnalisis Stabilitas Lereng Timbunan Badan Jalan Diatas Tanah Lunak Dengan Perkuatan Geotekstilen_US
dc.Identifier.NIM15511232


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record