Show simple item record

dc.contributor.advisorElyza Gustri Wahyuni, S.T., M.Cs
dc.contributor.authorASWAL CHUSNAN WIDODO
dc.date.accessioned2022-04-08T06:45:48Z
dc.date.available2022-04-08T06:45:48Z
dc.date.issued2021-11-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37039
dc.description.abstractPerkembangan startup di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat dengan catatan pada tahun 2021 telah mencapai 2.229 startup. Menjamurnya startup yang ada di Indonesia menjadikan banyak bisnis layanan jasa maupun produk yang menggunakan startup sebagai sarana bisnis mereka. Hal itu membuat bisnis dokumentasi pernikahan (vendor) banyak ditemukan pada situs digital. Maka dari itu, tren startup sangat berpengaruh terhadap menjamurnya vendor dokumentasi yang ada di Indonesia. Kemudian terdapat informasi mengenai jumlah pernikahan di Indonesia pada tahun 2020 telah mencapai 1.758.548 angka pernikahan. Oleh sebab itu, agar bisa mengikuti arus perkembangan tren startup dan tren dokumentasi pernikahan, maka dibuatlah rancangan ide bisnis Kalografi dengan menggunakan metode pendekatan design thinking. Kalografi adalah sebuah aplikasi penyedia layanan jasa dokumentasi pranikah, pernikahan, dan lamaran yang berbasis website yang memberikan fitur untuk mempermudah pengguna berdasarkan permasalahan yang telah didapatkan. Metode pendekatan design thinking merupakan metode yang sesuai untuk penulisan ini karena dapat membantu melihat sudut pandang subjektif dan objektif dalam menentukan keputusan. Proses pengumpulan ide dan solusi dilakukan berdasarkan pengalaman dari calon pengguna yang menjadi target pasar Kalografi. Melalui tahapan design thinking yaitu empathize, define, dan ideate mampu menghasilkan gagasan ide solusi, model proses bisnis dengan menggunakan diagram BPMN yang menggambarkan alur proses ide bisnis Kalografi, analisa kompetitor, analisa komersial, hingga proses validasi oleh para calon pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectstartupen_US
dc.subjectpernikahanen_US
dc.subjectkalografien_US
dc.subjectwebsiteen_US
dc.subjectdesign thinkingen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Design Thinking Dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografien_US
dc.Identifier.NIM17523113


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record