dc.description.abstract | Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan langsung oleh industr i
perbankan khususnya perbankan syariah dengan memunculkan inovasi produk digita l.
BSI Mobile merupakan salah satu produk digital dari Bank Syariah Indonesia yang
bertujuan untuk mempermudah transaksi nasabah serta memberikan informasi kepada
nasabah melalui fitur yang disediakan terutama pada masa pandemi covid dimana
penggunaan produk digital meningkat pesat. Dalam pengembangan produk digita l
efektivitas menjadi hal terpenting karena langsung dirasakan oleh nasabah, sehingga
akan membentuk loyalitas nasabah dalam pemakaian suatu produk. Selain efektivitas,
fitur religious activity juga menjadi poin terpenting selanjutnya, karena halal life style
juga semakin meningkat belakangan ini sehingga seseorang cenderung memilih
produk-produk dengan label syariah. Dengan adanya merger 3 bank BUMN yaitu
BNIS, BSM, dan BRIS yang menjadi satu dengan nama PT. Bank Syariah Indonesia,
tentu hal tersebut menjadi momen untuk terus mengembangkan efektivitas mobile
banking guna memberikan kemudahan dan juga menjadi produk digital unggulan bagi
Bank Syariah Indonesia. Merujuk dari hal tersebut mempertanyakan pengaruh
efektivitas dan religiusitas pengguna BSI Mobile terhadap loyalitas nasabah Bank
Syariah Indonesia di Kabupaten Sleman. Sehingga dari tujuan ini untuk menganali s is
pengaruh efektivitas dan religiusitas penggunaa BSI Mobile terhadap loyalitas nasabah
(mahasiswa) Bank Syariah di Kabupaten Sleman. Penelitian kuantitatif digunakan
sebagai desain utama dengan mengambil sampel sebanyak 200 responden mahasiswa
yang berada di Kabupaten Sleman dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa efektivitas dan religiusitas pengguna
BSI Mobile secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di
Kabupaten Sleman dengan nilai signifikansi sebesar 0,0000. | en_US |