Hubungan Antara Berpikir Positif Dan Kepercayaan Diri Pada Guru SLB (Sekolah Luar Biasa) di SLB Negeri 1 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat berpikir positif
dan kepercayaan diri pada 42 orang guru, 17 di antaranya adalah laki-laki di SLB
Negeri 1 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara
berpikir positif dan kepercayaan diri pada guru SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penulis
menggunakan skala berpikir positif yang disusun oleh penulis sendiri berdasarkan
teori Albrecht (Sufriana & Kumolohadi, 2009) yang berjumlah 55 aitem.
Sedangkan untuk skala kepercayaan diri disusun oleh penulis sendiri berdasarkan
teori dari Lauster (1997) yang berjumlah 57 aitem. Metode analisis yang
digunakan teknik korelasi dari Spearman, dengan bantuan program SPSS
(Statistic Package for Social Science) 16.0 for Windows. Hasil analisis
menunjukkan ada hubungan positif antara berpikir positif dan kepercayaan diri
pada guru di SLB Negeri 1 Yogyakarta (r = 0.861 dan p = 0.00 dengan (p<0.01)).
Kata Kunci : Berpikir Positif, Kepercayaan Diri, dan Guru SLB
Collections
- Psychology [2173]