Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.
dc.contributor.authorMUHAMMAD RIZKY FADHLILLAH
dc.date.accessioned2022-03-21T04:07:24Z
dc.date.available2022-03-21T04:07:24Z
dc.date.issued2021-10-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36638
dc.description.abstractKemacetan lalu lintas merupakan masalah utama yang dihadapi oleh Kota Yogyakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Ompusunggu (2017) diperoleh DJ > 0,85 pada masing – masing arah tahun 2017 dimana 1,0445 (Utara), 0,9718 (Timur), 1,1465 (Selatan), 0,9196 (Barat) menunjukkan simpang Pogung masih mengalami masalah kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kinerja simpang Pogung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 dan software VISSIM. Survei dilakukan selama dua hari, yaitu hari Sabtu tanggal 19 September 2020 dan hari Senin tanggal 21 September 2020 pada pukul 06.30 WIB – 09.00 WIB dan 15.30 WIB – 18.00 WIB. Data yang diperoleh dari survei lapangan antara lain data geometri jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan sinyal lalu lintas. Setelah melakukan survei didapatkan data lalu lintas pada simpang, data tersebut diolah untuk menentukan jam puncak yang diperoleh dari volume 15 menitan tersibuk berurutan selama 1 jam. Hasil tersebut digunakan dalam perhitungan menggunakan PKJI 2014 dan pengoperasian software VISSIM. Analisis pertama merupakan kondisi simpang saat ini, kemudian analisis berikutnya dilakukan untuk Alternatif 1 dengan penyesuaian ulang waktu siklus sedangkan Alternatif 2 yaitu dengan perancangan ulang waktu siklus dan perubahan fase. Kemudian dapat diketahui seberapa besar perubahan efektifitas kinerja simpang ditinjau dari segi kapasitas, panjang antrean, tundaan dan derajat jenuh. Perbaikan yang disarankan adalah Alternatif 2 karena mengalami peningkatan kinerja simpang ditunjukkan dengan bertambahnya nilai kapasitas sebesar 118,34% dan mengalami penurunan pada nilai tundaan sebesar 59,14%, panjang antrean 22,37% dan derajat jenuh 14,92 %.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.subjectPemodelanen_US
dc.subjectSimpang Bersinyalen_US
dc.subjectPKJI 2014en_US
dc.subjectVISSIMen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Dan Usulan Perbaikan Simpang Bersinyal Pogung (Performance Evaluation And Proposed Improvements Of Pogung Intersection)en_US
dc.Identifier.NIM14511016


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record