Pembuatan Aplikasi Game Pertempuran Bajak Laut Menggunakan Metode Independent Graphic Object Pada Ponsel Android
Abstract
Aplikasi game telah digemari sebagian besar pengguna ponsel android setahun
terakhir ini. Game pertempuran banyak diminati oleh ponsel gamer karena
memiliki tantangan yang beragam. Selain itu juga mudah dipahami dan
dimainkan oleh segala kalangan usia. Sejalan dengan perkembangan teknologi
game, platform dan konsol untuk menjalankan aplikasi game juga ikut
berkembang. Platform yang paling baru dan memiliki tren cukup positif
dikalangan ponsel gamer adalah sistem operasi android. Android merupakan
sistem operasi (OS) untuk ponsel yang berbasis Linux. Android menyediakan
platform sumber terbuka untuk para pengembang yang menciptakan aplikasi
mereka sendiri. Maka pada Tugas Akhir ini penulis mencoba membuat sebuah
game pertempuran bajak laut dengan metode grafis independent graphic object.
Tujuan dari penelitian ini merancang dan membangun aplikasi game
pertempuran bajak laut dengan animasi yang menarik dan memiliki fitur yang
memberikan ketegangan dan menyenangkan. Alur cerita berlatar di lautan
dengan tujuan menghancurkan perompak. Metode pembuatan aplikasi game ini
menggunakan sprite, yaitu gambar dua dimensi yang ditampilkan berurutan
kedalam layar untuk membentuk efek yang dinamis. Sedangkan untuk merancang
sistem permainan dan membentuk keseluruan aplikasi menggunakan bahasa
pemgrograman java. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi game dengan genre
battle tentang pertempuran bajak laut yang dapat dijalankan diponsel android.
Aplikasi ini dapat dijalankan pada ponsel dengan interaksi layar sentuh maupun
tombol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu memberikan
porsi genre tersendiri untuk game dengan animasi sprite dan pemrograman java.
Kata Kunci : gamer, platform, sprite, java, battle, genre, independent graphic
object
Collections
- Informatics Engineering [2174]