Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan Metode Service Quality Dan Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus Di Qimi Moslem Chinese Foods Gejayan )
Abstract
Qimi Moslem Chinese Foods adalah sebuah rumah makan yang menyajikan masakan
khas china dengan cita rasa khas Indonesia. Rumah makan ini terus berkembang dan
selalu berusaha untuk menarik minat konsumen untuk selalu kembali lagi makan di
Qimi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan berdasarkan
tingkat kepuasan konsumen, dengan mengidentifikasi faktor-faktor dalam
meningkatkan kinerja dan menentukan usulan strategi agar kepuasan konsumen
terpenuhi. Penelitian ini menggunakan Service Quality (Servqual) dan Quality
Function Deployment (QFD) sebagai metode penelitiannya. Dengan menggunakan
metode Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD) untuk
membuat suatu perencanaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan pelanggan dan dapat bersaiang di pasaran. Dari
perhitungan menggunakan metode Servqual diperoleh hasil sebagai berikut pada
dimensi tangibles (wujud) terdapat atribut tempat parkir memiliki nilai sebesar -0,91,
dimensi reability (kehandalan) terdapat atribut keahlian penyajian makanan dan
minuman memiliki nilai sebesar -0,63, dimensi responsiveness (daya tanggap)
terdapat atribut kecepatan pelayanan yang memiliki nilai sebesar -0,82, dimensi
assurance (jaminan) terdapat atribut kendaraan yang diparkir memiliki nilai sebesar
-0,8, dan pada dimensi emphaty (perhatian) terdapat atribut keramah tamahan
karyawan mempunyai nilai sebesar -0,92.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, Quality Function Deployment, Servqual
Collections
- Industrial Engineering [2235]