Perbaikan Fasilitas Putaran Balik Dengan Peningkatan Kinerja Simpang (Studi Kasus : Simpang Upn Dan Jalan Padjajaran) Upgrading Of U-Turn Facility With Increasing Road Intersection Performance
Abstract
Jalan Padjajaran Yogyakarta merupakan salah satu jalan arteri di Yogyakarta yang
berdampak besar terhadap pergerakan perekonomian dan pariwisata. Pada jalan tersebut
terdapat u-turn di lengan Timur simpang UPN yang jarang digunakan oleh pengguna jalan,
mengurangi kecepatan kendaraan, dan memperpanjang antrian simpang. U-turn tersebut
kurang dimanfaatkan karena adanya u-turn lain yang lebih strategis yaitu terletak di 1,3 KM
sebelum simpang UPN.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai panjang antrian dan tundaan pada uturn
serta mengetahui kinerja simpang UPN. Perhitungan menggunakan Bina Marga
(BM/06/2005) dan MKJI 1997. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software
VISSIM.
Hasil analisis usulan terbaik terdapat pada alternatif II, yaitu dengan memindahan
putaran balik di simpang bersinyal pada lengan Timur dan merubah geometri simpang pada
lengan Timur. Perbedaan pada alternatif 2 adalah geometri simpang lengan Timur dimana
sebelumnya lajur 1 dan lajur 2 memiliki lebar 3,5 meter dan 4,5 meter berubah menjadi 3,0
meter pada lajur 1 dan 5,3 meter untuk lajur 2. Pada alternatif 2 ini perubahan geomteri lajur
1 lebih kecil dan lajur 2 lebih besar dibanding alternatif 1. Kemudian untuk lajur 3
mengalami perubahan geometri juga yang semula 5,3 meter menjadi 4,70 meter. Hasil
alternatif 2 menunjukkan penurunan (MKJI 1997) panjang antrian, delay pada u-turn
(software VISSIM) dan delay pada lengan timur (MKJI 1997) sebesar -2,02%, -77,87% dan 2,29%
tetapi meningkatkan derajat kejenuhan dan delay sebesar 0,56% dan 2,01% (MKJI
1997).
Collections
- Civil Engineering [4192]