Pengaruh Pemanfaatan Tras Sebagai Bahan Pengisi Pengganti Terhadap Karakteristik Campuran Split Mastic Asphalt (Sma) (The Effect Of Using “Tras” As A Filler Material Subtitution In The Split Mastic Asphalt)
Abstract
Pada umumnya infrastruktur jalan di Indonesia menggunakan flexible pavement. Terdapat
beberapa campuran salah satunya Split Mastic Asphalt (SMA). Campuran Split Mastic Asphalt terdiri
dari agregat kasar, agregat halus dan filler. Filler umumnya adalah debu yang dihasilkan oleh stone
crusher akan tetapi persediaan semakin lama semakin terbatas dan mahal. Alternatif yang dapat
digunakan adalah filler trass Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan batu
trass sebagai substitusi filler pada campuran Split Mastic Asphalt (SMA).
Terdapat empat tahapan dalam penelitian ini, yaitu pengujian sifat fisik material agregat dan
aspal. Kedua menentukan kadar aspal optimum pada campuran SMA pada variasi substitusi 0%,
25%, 50%, 75%, dan 100%. Ketiga melakukan uji Marshall, uji Index of Retained Strength, uji
Indirect Tensile Strength, dan uji Cantabro. Keempat melakukan analisis, pembahasan, dan
kesimpulan terhadap hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan substitusi batu trass Rembang pada semua
variasi substitusi sebagai filler pengganti pada campuran Split Mastic Ashpalt memenuhi persyaratan
dan dapat digunakan sebagai bahan pengganti filler Clereng. Hasil uji karateristik Marshall
menunjukan bahwa campuran dapat menahan beban lalu lintas dan kelenturan. Uji Indirect Tensile
Strength menunjukan bahwa campuran mampu menahan kuat tarik tak lansung. Pada uji cantabro
campuran mampu menahan disintegrasi akibat benturan. Nilai durabilitas pada uji IRS memenuhi
semua persyaratan Bina marga 2018 ≥ 90%.
Collections
- Civil Engineering [4225]