Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Yang Diberikan Apoteker Di Puskesmas Cangkringan
Abstract
Pelayanan kefarmasian memiliki peran penting di puskesmas dalam
menjalankan upaya kesehatan bagi masyarakat, yaitu dengan memberikan
pelayanan informasi obat. Pemberian informasi obat harus dijelaskan secara detail
agar pasien mudah memahaminya. Dengan kualitas pelayanan yang baik dapat
meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien tesebut yang nanti akan menjadi
tolak ukur penting bagi kualitas pelayanan di puskesmas. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pemberian informasi obat oleh
apoteker di Puskesmas Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian
observasional deskriptif dengan rancangan penelitisn cross sectional. Dengan
pengambilan data dilakukan secara prospektif dengan menggunakan data
kuesioner kepuasan pasien. Sampel yang diambil adalah semua pasien yang
datang ke puskesmas. Analisis data dilakukan dengan analisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Cangkringan termasuk dalam kategori baik dan puas, dengan
persentase kepuasan pasien terhadap dimensi reliability (kehandalan) 91,93%,
dimensi responsivenes (ketanggapan) 92,88%, dimensi empathy (empati) 99,78%,
assurance (jaminan) 93,25% dan dimensi tangible (terwujud) 85,96%.
Collections
- Pharmacy [1444]