Show simple item record

dc.contributor.advisorLizda Iswari S.T., M.Sc.
dc.contributor.authorKURNIAWAN AKBAR MYOMA PUTRA
dc.date.accessioned2022-02-24T05:54:50Z
dc.date.available2022-02-24T05:54:50Z
dc.date.issued2021-10-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36294
dc.description.abstractTidak semua mata pelajaran di Sekolah Dasar (SD) memiliki tingkat minat yang sama dari peserta didik. Hal ini dikarenakan beragam sebab. Sebagai contoh, bagi peserta didik yang tidak menyukai metode belajar seperti membaca dan menghafal, mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia tidaklah menjadi menarik bagi mereka dan membosankan. Akibatnya motivasi belajar pun tidak setinggi ketika mempelajari mata pelajaran lain, dan menyebabkan penyerapan materi ajar rendah. Dengan adanya media pembelajaran interaktif yang menarik dapat dikatakan sebagai alternatif cara guna meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Untuk itu dalam mengoptimalkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi ajar maka dibuatlah media pembelajaran interaktif, sebagai contohnya adalah gim edukasi. Pada penelitian ini, penulis mengembangkan sebuah gim edukasi dengan materi Bahasa Indonesia menggunakan model ARCS untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Gim ini dibangun dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang melalui beberapa tahapan diantaranya analisis dan konsep, perancangan gim, pengumpulan asset, pengembangan, pengujian sistem dan distribusi aplikasi. Selain itu, setiap tahapan pengembangan menggunakan pendekatan aspek yang ada pada model pembelajaran ARCS. Dalam penelitian ini penulis mengujikan langsung dengan menggunakan metode wawancara dan observasi terhadap murid SD kelas 1 sebanyak lima orang. Pengujian merujuk aspek-aspek yang ada pada model pembelajaran ARCS yaitu Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil pengujian gim yang bersumber dari kompetensi dasar untuk murid SD kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia, didapatkan kesimpulan bahwa gim yang dibangun dan dikembangkan dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, hal ini dilihat dari hasil wawancara keseluruhan peserta rata-rata menjawab bahwa gim ini seru dan menyenangkan. Peserta juga mampu memahami materi yang berkaitan pada kosakata Bahasa Indonesia seperti hewan, buah, transportasi dan lainnya. Mereka juga menginginkan jika materi dan kosakata pembelajaran ditambah lebih banyak lagi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectgim edukasien_US
dc.subjectkosakataen_US
dc.subjectpuzzleen_US
dc.titlePengembangan Gim Edukasi Kosakata Bahasa Indonesia Dengan Metode Arcs (Attention, Relevance, Confidence, Dan Satisfaction)en_US
dc.Identifier.NIM14523230


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record