dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama
islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SD Negeri Sambiroto I. Fokus
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam
sebagai pendidik, sebagai model dan teladan serta sebagai evaluator dalam
meningkatkan perilaku islami siswa di SD Negeri Sambiroto I.
Untuk dapat mengetahui peran guru dalam meningkatkan perilaku islami siswa,
maka peneliti memilih menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian
ini dilakukan di SD Negeri Sambiroto 1 dengan teknik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam
sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SD Negeri
Sambiroto I dilakukan dengan cara membimbing dan membina siswa untuk selalu
berperilaku islami melalui pembiasaan budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan,
dan santun), selain itu fasilitas keagamaan yang ada seperti mushola juga
digunakan untuk kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah, kajian Islam dan lain
sebagainya, 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan
dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SD Negeri Sambiroto I adalah
dengan selalu membimbing siswa-siswi untuk berperilaku baik, memberikan
contoh saat mengajar yaitu dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama, 3)
Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam meningkatkan
perilaku Islami siswa di SD Negeri Sambiroto I yaitu dengan melakukan evaluasi
secara menyeluruh, artinya harus melakukan evaluasi dalam aspek kognitif, aspek
afektif dan psikomotorik. Guru juga memiliki tugas dan tanggungjawab dalam
membentuk dan membina akhlak siswa agar dapat terwujud perilaku islami. | en_US |