Pemodelan Kepemilikan Kendaraan Pribadi Berdasarkan Karakteristik Rumah Tangga (Studi Kasus Di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi yang cukup pesat di
Daerah Istimewa Yogyakarta, diperkirakan akan berpengaruh pada peningkatan
jumlah kepemilikan kendaraan pribadi, dimana hal ini akan mempengaruhi
kapasitas jaringan jalan dan berdampak pada permasalahan dalam upaya
pengembanagn sistem transportasi kota.
Data primer yang ada dalam penelitian ini merupakan data dari penyebaran
kuesioner melalui online (Google Forms) yang bersumber pada responden yang
berjumlah 414 penduduk di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya
data ini dianalisis dengan menggunakan model regresi multinomial dan perangkat
lunak SPSS versi 26.
Kepemilikan kendaraan pribadi dengan model regresi multinomial logit
dalam penelitian ini telah berhasil dikembangkan. Berdasarkan kalibrasi
pemodelan, hasil karakteristik rumah tangga penduduk di daerah Daerah Istimewa
Yogyakarta menunjukkan probabilitas kepemilikan sepeda motor sebanyak 2 unit
dengan persentase 40,4% dan probabilitas kepemilikan mobil dengan persentase
57,4% yaitu tidak memiliki mobil. Hasil dari pemodelan kepemilikan kendaraan
pribadi berdasarkan karakteristik rumah tangga di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta adalah:
Kepemilikan sepeda motor: ln [
p
(1−p)
] = - 0,400X6 (1) + 0,123X7 (1) + 0,264X18 (0)
Kepemilikan mobil: ln (
p
1−p
) = – 0,402X6 (1) + 2,859X7 + 117,741X18 (0)