Analisis Stabilitas Timbunan Pada Badan Jalan Dengan Perkuatan Geotekstil Menggunakan Program Plaxis (Analysys Of Road Embankment Stability With Geotextile Using Plaxis Program) (Studi Kasus: Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I)
Abstract
Jalan Tol Padang – Pekanbaru merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans
Sumatera. Pada pelaksanaannya dilakukan pekerjaan timbunan pada badan jalan untuk
meratakan kontur tanah yang ada di lokasi konstruksi. Dengan adanya penimbunan tanah, akan
menimbulkan lereng timbunan baru yang perlu dianalisis kestabilannya. Dalam pengerjaannya,
timbunan tanah juga diperkuat dengan geotekstil untuk meminimalisir terjadinya kelongsoran.
Penelitian ini dianalisis dengan permodelan variasi timbunan 4 meter, 6 meter, dan 8
meter dengan perkuatan geotekstil menggunakan program Plaxis V20. Untuk perhitungan pada
kondisi tanah asli dianalisis dengan metode fellenius.
Hasil analisis stabilitas timbunan pada kondisi tanah asli dengan perkuatan
menggunakan program Plaxis V20 pada masa konstruksi didapatkan nilai angka keamanan
pada timbunan 4 meter sebesar 1,893, timbunan 6 meter sebesar 1,637, dan timbunan 8 meter
sebesar 1,622. Sedangkan pada paska konstruksi didapatkan nilai angka keamanan pada
timbunan 4 meter sebesar 1,651, timbunan 6 meter sebesar 1,572, dan timbunan 8 meter sebesar
1,512.. Untuk analisis penurunan kondisi tanah asli dengan perkuatan geotekstil pada analisis
untuk perhitungan excess pore water pressure pada timbunan 4 meter penurunan mempunyai
nilai sebesar 0,207 meter dengan waktu 88 hari, timbunan 6 meter mempunyai nilai sebesar
0,434 meter dengan waktu 104 hari, dan timbunan 8 meter mempunyai nilai sebesar 0,639
meter dengan waktu 131 hari.
Collections
- Civil Engineering [4101]