Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Taufiq Immawan, S.T., M,M.
dc.contributor.authorALETIA NURUL AISYAH
dc.date.accessioned2022-02-14T09:21:40Z
dc.date.available2022-02-14T09:21:40Z
dc.date.issued2021-09-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36162
dc.description.abstractPerusahaan ritel memiliki orientasi pada kepuasan konsumen yaitu mampu menentukan kebutuhan-kebutuhan dan dapat menyediakan kebutuhan tersebut semaksimal mungkin. Konsumen akan merasa puas apabila mereka dapat menemukan barang yang diinginkan, hal ini menjadi tujuan dari perusahaan ritel. Perusahaan ritel harus memiliki pemasok yang akan menyediakan permintaannya untuk membantu menyediakan kebutuhan konsumen. Pentingnya dilakukan evaluasi pemasok untuk membantu perusahaan dalam memilih pemasok yang tepat dengan harga yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat dengan kualitas yang tepat (Mavi et al, 2016). Adanya kerjasama perusahaan dengan banyak pemasok membuat perusahaan mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian kinerjanya. Perusahaan kesulitan dalam melihat kinerja pemasok yang bagus, sedang dan jelek karena harus melakukan kontrol secara manual. Apabila terjadi kesalahan dalam kinerja pemasok, perusahaan hanya mengingat tanpa ada catatan dan history data. Dashboard memungkinkan pengguna untuk menganalisis akar penyebab masalah dengan menjelajahi informasi yang relevan dan tepat waktu dari berbagai perspektif dengan detail. Sistem kinerja dashboard dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber yang diperlukan, dimana perusahaan dapat mengelola data dan menyajikan dalam bentuk laporan informasi yang berkualitas. Penyusunan dashboard menggunakan pendekatan key risk indicator (KRI) akan ditampilkan pada indikator-indikator yang ada disesuaikan dengan penilaian kinerja pemasok. Penelitian ini membantu perusahaan untuk melakukan kontrol terhadap kinerja pemasoknya dengan beberapa indikator yang dirasa penting oleh perusahaan untuk menilai pemasoknya. Tujuan dari penyajian data berupa dashboard menggunakan pendekatan KRI akan membantu perusahaan dalam melakukan early warning system yaitu membantu perusahaan mengetahui permasalahan pemasoknya diawal proses sehingga dapat diambil tindakan untuk mengatasi risiko-risiko yang akan terjadi pada kinerja pemasok dalam melakukan pasokan barang ke perusahaan. Visualisasi dari penilaian kinerja pemasok dibuat dengan program berbasis web dengan PHP dan Java script sehingga dapat menampilkan halaman dashboard dan chart.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectRitelen_US
dc.subjectkinerja pemasoken_US
dc.subjectdashboarden_US
dc.subjectKRIen_US
dc.titleDesain Dashboard Kinerja Supplier Dengan Pendekatan Key Risk Indicator (Kri) Pada Perusahaan Retailen_US
dc.Identifier.NIM19916001


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record