Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan fenomena yang selalu terjadi di lingkungan
mahasiswa karena kurangnya efikasi diri dalam menghadapi tugas-tugas dan kontrol
diri yang rendah untuk mengabaikan hal-hal yang tidak berhubungan dengan tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar sumbangan efektif efikasi diri
dan kontrol diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Subjek
penelitian berjumlah 232 orang yang diperoleh secara insidental dengan kriteria
mahasiswa S1 yang berstatus aktif. Kemudian dilakukan analisis regresi linear
berganda dengan menggunakan program analisis statistik SPSS 23 untuk melihat
pengaruh antar variabel. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji apakah
efikasi diri dan kontrol diri secara signifikan memprediksi prokrastinasi akademik
mahasiswa. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kedua prediktor menjelaskan
51,6% varians (R2 = 0.516, F(2,229)= 121.875 p<.000). Ditemukan bahwa efikasi diri
secara signifikan memprediksi prokrastinasi akademik (β = 0.107, p<.031), seperti juga
kontrol diri (β = -0.750, p <.000). Lalu, kontrol diri berperan sebagai mediator parsial
antara efikasi diri dan prokrastinasi akademik, yang mana pengaruh efikasi diri
terhadap prokrastinasi akademik tidak dihantarkan sepenuhnya oleh kontrol diri.
Collections
- Master of Psychology [347]