Gambaran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Online Shopping Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih luas mengenai perilaku konsumtif
mahasiswa dalam online shopping di masa pandemi Covid-19, serta untuk
mengetahui persepsi mahasiswa dalam menangkap perubahan perilaku belanja
mereka, sehingga dapat mengetahui upaya dalam mengontrol perilaku
konsumtifnya melalui penafsiran sudut pandangnya sendiri. Responden dalam
penelitian ini adalah mahasiswa dengan rentang usia 18-22 tahun yang memiliki
karakteristik aktif menggunakan internet, memiliki dua atau lebih aplikasi belanja
online pada smartphone atau gadget lainnya, dan menjadikan online shopping
sebagai pilihan metode belanja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan desain fenomenologis, serta menggunakan observasi langsung dan
wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah
satu golongan yang berperilaku konsumtif dalam belanja online di masa pandemi
Covid-19 karena beberapa faktor pengaruh, seperti kebebasan memilih produk
dari satu toko ke toko lain, banyaknya promo dan iklan aplikasi belanja online
yang menawarkan beragam potongan harga (diskon) dan gratis pengiriman barang
(ongkir), serta rasa ketergiuran mahasiswa ketika melihat barang-barang
rekomendasi pada laman aplikasi belanja online maupun media sosial. Faktor faktor tersebut menjerumuskan mahasiswa kecanduan berbelanja online dan
mengakibatkan beberapa dampak negatif yang mempengaruhi uang saku. Dari
dampak tersebut para mahasiswa mulai memahami cara belanja mereka yang
terlalu berlebihan dan konsumtif, sehingga berhasil merubah cara pandang
menjadi kesadaran diri yang membuat para mahasiswa melakukan berbagai upaya
untuk membatasi perilakunya, seperti membatasi pembelian barang online hingga
menghentikan kegiatan tersebut sebisa mungkin, memilih opsi belanja ke toko
fisik, merinci pembelian barang dan transaksi yang dikeluarkan, serta mengurangi
membuka aplikasi belanja online.
Kata kunci:
Collections
- Psychology [2173]