dc.contributor.advisor | Ibu Dr.-Ing. Nensi Golda Yuli, S.T., MT. | |
dc.contributor.author | AGUNG KURNIAW AGUNG KURNIAWAN | |
dc.date.accessioned | 2022-02-04T03:57:47Z | |
dc.date.available | 2022-02-04T03:57:47Z | |
dc.date.issued | 2021-09-03 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36120 | |
dc.description.abstract | Pesantren merupakan lembaga yang memiliki peranan sangat penting dalam sejarah
pengajaran, pendidikan, dan pengasuhan masyarakat Indonesia. Kepercayaan masyarakat
terhadap mutu dan keunggulannya juga senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.
Kondisi tersebut dapat diketahui dari terus bertambahnya jumlah santri terutama pada
pesantren salaf. Semakin bertambahnya santri pada pesantren salaf merupakan dampak
dari kemampuan pesantren untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat
modern, melalui transformasi aspek non fisik hingga aspek fisik keruangannnya sebagai
upaya pesantren dalam mencukupi berbagai kebutuhan pengembangannya. Transformasi
aktivitas, bentuk serta makna pada ruang publik inklusif pesantren tentu memiliki berbagai
implikasi, baik positif seperti kemudahan dalam upaya perlindungan santri maupun negatif
berupa penurunan peran pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan latarbelakang yang ada
serta dampaknya terhadap perkembangan dan keberlanjutan pesantren, penelitian ruang
inklusif penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Mengevaluasi dan
merumuskan konsep inklusif dan eksklusif yang pernah / sedang digunakan pondok
pesantren pada lokasi penelitian, 2). Mengevaluasi dan memetakan aktivitas, bentuk dan
makna ruang inklusif yang tercipta antara pondok pesantren dengan lingkungan sekitarnya.
3). Menganalisis pengaruh aktivitas, bentuk dan makna ruang inklusif yang tercipta
terhadap peran pesantren dalam pemberdayaan masyarakat dan pelindungan santri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara pengumpulan data
melalui observasi dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah model
Miles & Huberman, melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
serta verifikasi hasil data. Hasil penelitian yang didapatkan adalah berbagai bentuk ruang
inklusif dari proses transformasi ruang publik yang terjadi di masing-masing pesantren,
yang memiliki pengaruh terhadap aktivitas dan makna yang berbeda-beda terhadap
masyarakat. Selain itu riset juga menghasilkan bagaimana aktivitas, bentuk dan makna
ruang inklusif memiliki dampak terhadap peran pemberdayaan masyarakat dan penguasaan
ruang pondok pesantren yang sangat signifikan. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Aktivitas | en_US |
dc.subject | bentuk dan makna ruang inkluisf | en_US |
dc.subject | Pondok pesantren | en_US |
dc.subject | Public space | en_US |
dc.subject | Ruang inklusif | en_US |
dc.subject | Tranformasi ruang inklusif dan Ruang aktivitas | en_US |
dc.title | Ruang Inklusif Pada Pesantren Salaf Di Pulau Jawa | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18922003AN | |