Hubungan Hardiness Dan Academic Burnout Pada Mahasiswa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan
academic burnout pada mahasiswa Yogyakarta di masa pandemi. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara hardiness dan academic
burnout. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 285 mahasiswa Yogyakarta yang
sedang melakukan kuliah daring. Skala academic burnout yang digunakan adalah
skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) yang disusun oleh
Schaufeli (2002). Skala hardiness menggunakan Dispositional Resilience Scale
(DRS-15) yang disusun oleh Bartone (2007). Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Spearman Rho dan hasilnya menunjukkan terdapat hubungan
negatif antara hardiness dan academic burnout pada mahasiswa Yogyakarta di
masa pandemi dengan nilai koefisien korelasi r= -0.585 dan nilai signifikansi
p=0.000 (p<0.05). Artinya, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara
hardiness dan academic burnout. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2174]