Hubungan Antara Self-Compassion Dengan Burnout Pada Guru Slb
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dan
burnout pada guru SLB. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
skala likert. Subjek penelitian ini adalah 113 guru SLB terdiri dari 26 laki-laki dan
87 perempuan dengan rentang usia 22 sampai 60 tahun. Pengukuran variabel self-
compassion dalam penelitian ini didasarkan pada teori Neff dan menggunakan skala
Self-compassion Scale (SCS), sedangkan variabel burnout menggunakan teori
Maslach dengan meggunakan skala Maslach Burnout Inventory (MBI). Metode
analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tekni uji korelasi Spearman
dengan bantuan IBM SPSS Statistic version 21. Hasil penelitan menunjukkan
terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-compassion dan burnout
dengan menunjukkan korelasi sebesar r = -0,467 dengan p = 0,000 (p < 0,05),
artinya hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2173]