Strategi Ide Bisnis Startup E-Commerce Ivent Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Perkembangan era digitalisasi sektor pariwisata dan industri kreatif yang semakin
meningkat merupakan pengaruh dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin canggih,
mobile dan real time. Para pelaku usaha di bidang event organizer dipaksa untuk mengikuti
perkembangan masyarakat agar usahanya dapat terus berkembang. Akan tetapi ditengah
perkembangan event organizer dan vendor ini dunia dikejutkan dengan mewabahnya varian
virus baru covid-19. Pandemi ini telah mengganggu kinerja event organizer dan vendor dan
berdampak pada penurunan kinerja perusahaan yang diikuti oleh pemutusan hubungan kerja.
Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut, kami mengembangkan sebuah
platform aplikasi e-commerce yang akan menghubungkan orang yang ingin membuat suatu
acara dengan para pemilik usaha event organizer atau vendor. Selain itu Ivent juga
memudahkan para generasi milenial yang masih merasa kebingungan dalam mencari dan
memilih event organizer ataupun vendor untuk acara sesuai kebutuhan mereka.
Rancangan ide bisnis dari aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode design
thinking. Metode ini digunakan karena membantu dalam penelitian dengan berbagai sudut
pandang untuk menentukan sebuah keputusan. Melalui tahap empathize, define, ideate,
prototype dan testing sehingga didapatkanlah hasil berupa gagasan ide, konsep dan model
bisnis dengan diagram BPMN dalam pengembangan startup Ivent. BPMN merupakan
representasi grafis untuk menggambarkan alur proses bisnis dalam model proses bisnis.
Collections
- Informatics Engineering [2148]