Show simple item record

dc.contributor.advisorSiska Sulistyorini, S.Pd.I., M. S. I
dc.contributor.authorHIDAYATUL FAJRIYAH MT
dc.date.accessioned2022-01-25T03:40:02Z
dc.date.available2022-01-25T03:40:02Z
dc.date.issued2021-09-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36006
dc.description.abstractPada tanggal 11 Maret 2020 WHO menyatakan Virus Corona (Covid-19) sebagai pandemi, dengan adanya pandemi ini berdampak pada semua bidang termasuk bidang pendidikan, perusahaan menetapkan Work From Home (bekerja dari rumah) dan pada bidang pendidikan pemerintah menetapkan School From Home (sekolah dari rumah) maka guru dituntut agar mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah pembelajaran daring, pembelajaran daring sendiri adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang membutuhkan koneksi internet, namun pelaksanaan pembelajaran daring tidak semudah yang diharapkan. Ada berbagai kendala yakni daya serap belajar, gangguan pada konsentrasi, koneksi internet, kemampuan teknologi dan Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an siswa kelas XII SMK Islam Nurul Iman Lampung Timur. 2. Mendeskripsikan bagaimana pengetahuan siswa kelas XII dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini berupa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah Purposive Sampling, metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran daring, antusiasme mengikuti pembelajaran daring, efektifitas dan guru dalam penyampaian materi didominasi jawaban “Iya”, Sedangkan kemudahan pengumpulan tugas, dan kendala dalam pembelajaran daring untuk hasil jawaban “Iya” dan “Tidak” sama sehingga tidak ada yang mendominasi, persepsi mengenai kesan siswa terhadap pembelajaran daring didominasi oleh siswa yang menjawab “Tidak” menyenangkan atau membosankan. 2. Pengetahuan siswa dalam pembelajaran daring yakni tentang apakah anda mengetahui pembelajaran daring ini didominasi oleh siswa yang menjawab “Iya”, dalam memahami materi juga didominasi oleh siswa yang menjawab “Iya” mudah dalam memahami materi meskipun dilaksnakan secara daring, dan dalam kemampuan mengoperasikan aplikasi didominasi oleh jawaban “Iya” mampu. 3. Hasil wawancara dengan bapak Mohammad Taslim selaku guru mata pelajaran Baca Tulis Al menyatakan bahwa masih terdapat kendala pada proses pembelajaran daring mata pelajaran baca tulis al qu’an.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectBaca Tulis Al Qur’anen_US
dc.titlePersepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al Qur’an Di Smk Islam Nurul Iman Lampung Timuren_US
dc.Identifier.NIM17422131


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record