Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorALIFANI JULIANTIKA
dc.date.accessioned2022-01-25T03:27:43Z
dc.date.available2022-01-25T03:27:43Z
dc.date.issued2021-08-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36005
dc.description.abstractLatar belakang masalah ini adalah kemerosotan akhlak yang disebabkan oleh tayangan televisi dan media massa terutama pada golongan anak-anak. Akibatnya anak-anak berperilaku aneh, agresif, menyimpang dari ikatan sosial, moral, dan agama. Penelitian ini ingin mengetahui lebih dalam tentang nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film kartun Alif Alya dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa sajakah yang terdapat dalam film kartun Alif Alya dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam? Tujuan peneliti ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun Alif Alya dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film kartun Alif Alya mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu: akhlak kepada Allah Swt, akhlak terhadap Rasulullah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, dan akhlak bermasyarakat. Relevansi terhadap Pendidkan Agama Islam, pertama tujuan Pendidikan Agama Islam tidak bisa tercapai kecuali dengan akhlak sebagai penyeimbangnya. Kedua, materi Pendidikan Agama Islam mengandung materi akidah, syari’ah, akhlak, Al-Qur’an Hadits. Ketiga, metode Pendidikan Agama Islam meliputi metode hiwar, metode targhib wa tarhib, metode keteladanan (uswah), dan metode mau’idzah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectNilai-nilaien_US
dc.subjectAkhlaken_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun Alif Alya Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islamen_US
dc.Identifier.NIM17422127


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record